photo lineviral_1.png

Menampilkan Teks Ke Lcd 16X2 Memakai Arduino Uno R3

Assalamualaikum 
Tutorial Menampilkan teks ke LCD 16x2 Menggunakan arduino ini sebetulnya udah usang mau aku tulis Namun sering kali aku lupa , Di waktu senggang ini aku gak sengaja ngeliat LCD 16x2 di erat lemari makanya jadi keingat buat nulis artikel ini, buru-buru deh aku nulis sebelum lupa lagi :D.
Pertama-tama ketahui dulu Fungsi dari setiap pin yang ada pada LCD 16x2 dengan memakai acuan dari gambar dibawah ini
 ini sebetulnya udah usang mau aku tulis Namun sering kali aku lupa  Menampilkan Teks ke LCD 16x2 Menggunakan Arduino Uno R3
Setelah mengetahui fungsi tiap kaki/pin dari LCD 16x2 langkah selanjutnya ialah mengecek atau menguji kondisi LCD dalam keadaan masih elok atau sudah rusak dengan cara ibarat ini
  1. Hubungkan Pin 1 LCD (GND) ke GND Arduino
  2. Hubungkan Pin 2 LCD (VCC) ke pin 5v Arduino
  3. Hubungkan Pin 3 LCD (VEE) ke Pin GND Arduino
  4. Hubungkan Pin 15 LCD (LED+) ke Pin 5v Arduino
  5. Hubungkan Pin 16 LCD (LED-) ke Pin GND Arduino
Jika anda memakai Breadboard maka dapat mengikuti wiring ibarat yang ada pada gambar dibawah ini.
 ini sebetulnya udah usang mau aku tulis Namun sering kali aku lupa  Menampilkan Teks ke LCD 16x2 Menggunakan Arduino Uno R3
Wiring Test LCD 16x2
LCD  dalam keadaan masih elok seharusnya Lampu Backlight LCD menyala dan pada layar LCD akan muncul baris kotak-kotak berwarna hitam. 

Selanjutnya sesudah mengetahui Kondisi LCD, maka kita akan menampilkan Teks atau goresan pena dari Arduino ke LCD 16x2, oleh sebab itu kita perlu merubah susunan kabel sebelumnya menjadi ibarat ini
  1. LCD PIN 1 (GND) KE GROUND 
  2. LCD PIN 2 (VCC) KE VCC (5V)
  3. LCD PIN 3 (VEE) KE PIN 3 POTENSIOMETER (10K)
  4. LCD PIN 4 (RS) KE PIN DIGITAL 2 ARDUINO
  5. LCD PIN 5 (R/W) KE GROUND
  6. LCD PIN 6 (EN) KE PIN DIGITAL 3 ARDUINO
  7. LCD PIN 11 KE PIN DIGITAL 4 ARDUINO
  8. LCD PIN 12 KE PIN DIGITAL 5 ARDUINO
  9. LCD PIN 13 KE PIN DIGITAL 6 ARDUINO
  10. LCD PIN 14 KE PIN DIGITAL 7 ARDUINO
  11. LCD PIN 15 (LED +) KE VCC (5V)
  12. LCD PIN 16 (LED -) KE GROUND
Berikut tampilanya jikalau memakai breadboard
 ini sebetulnya udah usang mau aku tulis Namun sering kali aku lupa  Menampilkan Teks ke LCD 16x2 Menggunakan Arduino Uno R3
Setelah Wiring atau kabel sudah terpasang dengan benar maka selanjutnya ialah mengupload kegiatan ke dalam arduinonya untuk menampilkan teks, berikut ialah pola sederhana aba-aba untuk menampilkan teks dari arduino ke LCD 16x2
Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul tulisan pada layar LCD 16x2 dengan style ibarat running text yaitu teks yang bergerak dari kanan ke kiri layar

Oke sekian dan terima kasih 
Wassalam


Buat lebih berguna, kongsi:


close